GUNUNG BUKIT RAYA, GUNUNG TERTINGGI SE-KALIMANTAN

GUNUNG BUKIT RAYA, GUNUNG TERTINGGI SE-KALIMANTAN

Gunung Bukit Raya, Gunung Tertinggi Se-Kalimantan – Gunung Bukit Raya merupakan gunung tertinggi di Kalimantan. Gunung ini mempunya tinggi sekitar 2.278 meter diatas permukaan laut.

Gunung terletak di posisi 112° 07′ – 112° 56′ BT dan 00° 24′ – 00° 59’LS atau lebih tepatnya di perbatasan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Untuk bisa mencapai Gunung Bukit Raya, anda bisa melalui jalur pendakian dari Pontianak menuju ke Desa Rantau Malam dan selanjutnya melakukan pendakian.

Gunung Bukit Raya Gunung Tertinggi Se-Kalimantan
Gunung Bukit Raya Gunung Tertinggi Se-Kalimantan

Pertama-tama kita melalui pendakian mulai dari Desa Rantau Malam ke Korong HP. Untuk ke Korong HP bisa berjalan kaki atau ada alternatif lain menggunakan ojek dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit.

Sesampainya di Korong HP selanjutnya kita mendaki di jalan setapak untuk menuju ke Ulu Menyanoi. Untuk sampai ke Ulu membutuhkan waktu perjalanan dua jam dua puluh menit atau bisa diukur jarak nya 4,5 kilometer.

Dari Ulu Menyanoi selanjutnya kita menuju Sungai Mangan yang berada di ketinggian 654 meter diatas permukaan laut. Untuk sampai ke Sungai Mangan anda harus menempuh jarak kurang lebih 2,3 kilometer.

Jika sudah sampai di Sungai Mangan tujuan selanjutnya adalah ke Hulu Jeludung. Disini anda bisa beristirahat karna terdapat sungai yang bening. Disini udara nya juga sejuk karna memiliki ketinggian 706 mdpl

Dari Hulu Jeludung, Selanjutnya kita ke etape selanjutnya yaitu Linang. Untuk sampai kesini anda harus melakukan perjalanan sepanjang 3,5 kilometer dari pos sebelumnya.

Dari Linang, selanjutnya kita beralih ke Soa Badak. Disini anda sudah berada pada ketinggian 1.381 meter diatas permukaaan laut. Untuk mencapai pos ini, kita hanya menempuh jalan sepanjang 1,5 kilometer saja.

Dari Soa Badak, Selanjutnya kita ke Soa Tahutung. Untuk menuju tempat ini kamu hanya membutuhakan waktu sekitar 5 menit.

Dari Soa Tahutung, kita menuju Puncak Kakam atau biasa disebut puncak nya Gunung Bukit Raya. Di Puncak ini kamu bisa melihat yang menakjubkan tetapi syaratnya harus menaiki sebatang pohon.

Selain itu, di puncak ini juga terdapat tanaman endemik Gunung Bukit Raya yaitu bunga Bunga Rododengron.

Deikian ulasan mengenai Gunung Bukit Raya Gunung Tertinggi Se-Kalimantan, mudahmudahan dapat menambah ilmu buat teman semua megenai gunug tertinggi sekalimantan

Kalimantan Wisata